Cara Menghapus URL / Link Tertentu di Google Search Console

Cara Menghapus URL / Link Tertentu di Google Search Console

Perayap web tidak dapat membedakan antara konten yang bersifat publik dan konten yang berisi informasi pribadi. 

Oleh karena itu, tidak jarang orang merasa terganggu dengan halaman yang sudah terindeks di mesin pencari.

Apakah Ada Cara Untuk Menghapus URL Dari Google Search Console?

Tidak semua URL yang diindeks pada halaman mesin pencari dapat dengan mudah dihapus. Setidaknya Anda bisa memperhatikan syarat dan prosesnya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini agar Anda bisa melakukan langkah-langkah eksekusi yang benar.

Apakah Anda Ingin Menghapus URL Dari Situs Web Anda?

Setiap jalur di atas memerlukan metode yang berbeda untuk menghapus URL. Anda harus membaca artikel tentang cara menghapus URL dari Google Search Console sampai akhir.

Cara Cek URL Terindeks di Google Search

Ada cara mudah dan efektif untuk menentukan apakah konten telah diindeks.Gunakan site:alamat website di kolom mesin Google Search Console Anda.

Hasil google search ini akan menampilkan halaman mana yang sudah terindeks oleh Google, dan halaman mana yang belum.Anda dapat menghapus url dengan memastikannya masih terindeks.

6 Cara Menghapus URL Dari Google Search

Berikut ini pakde sudah rangkumkan 6 cara menghapus url di google dengan mudah.

1.Hapus Konten

Google telah memudahkan untuk menghapus url yang sudah diindeks. Jika Anda memiliki situs web, segera hapus url dan arahkan ulang URL dengan pengalihan 404 (hilang), atau 410 (tidak ditemukan).

Ini adalah opsi yang bagus untuk menghapus url karena ini berarti indeks di Google akan dihapus dari google search dan pembaca dalam waktu yang sangat singkat.

Ini hanya akan menjadi masalah jika Anda bukan pemilik situs atau tidak memiliki akses masuk ke halaman.

2.Google URL Removal Tool

Google URL Removal Tool

Google menawarkan fitur alat penghapusan dan alat untuk mengindeks konten. Sahabat Pakde dapat mengakses fitur ini secara gratis dengan mengunjungi halaman Google Search Console yang terhubung dengan halaman web terkait.

Namun, sayangnya, fungsi Alat Penghapusan URL saat ini tidak efektif. Ini membutuhkan waktu tunggu yang lama, dan Google dapat mengindeks konten yang sama di masa mendatang.

Solusi ini memungkinkan Anda untuk memantau konten dan, jika ditemukan lagi, Anda dapat langsung menanganinya lagi.

Cara ini hanya berlaku jika pemilik situs atau situs web yang ingin Anda hapus url dari indeks mesin telusur.

3.Hapus Via Plugin Yoast SEO

Anda masih dapat memblokir URL meskipun Anda tidak memiliki akses Google Search Console. Ini juga sangat mudah.

Pertama, instal Yoast Search Engine Optimization lalu aktifkan. Setelah plugin diaktifkan, Anda dapat pergi ke halaman yang ingin Anda hapus dari hasil pencarian.

"Pengaturan Lanjut", yang terletak di bagian bawah kolom editor memiliki beberapa opsi. Halaman ini dapat disetel untuk tidak diindeks oleh Google Penelusuran. 

Untuk melakukannya, klik "Izinkan mesin telusur menampilkan Postingan ini di hasil penelusuran". Anda juga dapat mengisi "Haruskah mesin pencari mengikuti tautan di Postingan ini?" oleh "Tidak".

Hapus Plugin Lewat Yoas

Pengaturan ini akan menginstruksikan mesin pencari untuk tidak mengindeks halaman. Setelah Anda memilih pengaturan Anda, pastikan untuk menyimpannya.

4.Menambah Tag Noindex

Tag Noindex sama persis dengan plugin Yoast SEO. Metode ini tidak terbatas pada situs WordPress. Ini dapat digunakan di semua jenis situs web.

Sahabat Pakde bisa menambahkan tag meta robots noindex di bawah ini untuk mencegah artikel dan konten terindex oleh mesin pencarian Google.

<meta name=”robots” content=”noindex”>

Semua halaman web akan dihapus dari mesin pencari oleh bagian ini. Metode ini bisa berbahaya jadi berhati-hatilah.

5. Menggunakan Google Remove Outdated Content

Google Search Console juga menawarkan kemampuan untuk menghapus halaman konten kedaluwarsa. Metode ini hanya berlaku untuk halaman dan gambar yang telah dihapus atau dimodifikasi dari halaman situs web. Hapus cache dan hapus cuplikan usang.

Hal ini sangat sederhana untuk dilakukan.
  1. Klik Hapus konten usang
  2. Masukkan URL yang Anda inginkan.
  3. Berikut ini contoh cara meminta penghapusan:
  4. Tunggu beberapa hari hingga pemrosesan Google menyelesaikan permintaan Anda.

6. Memblokir URL dari Google Search Console Menggunakan Robots.txt File

Jika Anda tidak ingin mengambil risiko masalah SEO, metode ini tidak disarankan. Perubahan yang dilakukan pada file robots.txt dapat berdampak pada kinerja SEO situs web.

Saat mengindeks situs web Anda, file teks robots.txt dapat digunakan sebagai Panduan Penelusuran Google. File ini berisi petunjuk untuk mesin pencari tentang cara mengindeks situs web Anda. File ini berisi petunjuk untuk Google Penelusuran.

Pertama, Anda perlu mengakses direktori penyimpanan file situs web Anda. Untuk mengakses File Manager, login ke cPanel atau akses FTP. File robots.txt dapat ditemukan di folder root.

Anda dapat mencegah Google Penelusuran mengindeks halaman dengan mengedit robots.txt Anda lalu memasukkan kode di bawah ini.

User-agent: *Disallow: /websitepage-URL/

Anda dapat mengganti 'websitepage-URL' dengan URL yang ingin Anda hapus dari hasil Google Penelusuran.

Metode ini sederhana, tetapi ada beberapa kelemahan. File ini dapat diakses oleh publik. Kedua, bot mesin pencari terkadang mengabaikan robots.txt.

Cara Hapus URL Terindeks Google di Situs Milik Orang Lain

Terkadang, dapat ditemukan bahwa materi berhak cipta sedang digunakan, informasi pribadi didistribusikan tanpa persetujuan atau masalah privasi lainnya.

Anda dapat mengajukan klaim untuk menghapus konten dari hasil penelusuran Google.

1.Menghubungi Pemilik Website

Menghubungi pemilik situs web adalah cara terbaik untuk menghilangkan jejak digital di indeks mesin pencari. Anda dapat mendekati blogger dan pemilik situs secara verbal atau non-verbal untuk menghapus konten dari mesin pencari.

Faktor sosial dan kurangnya rasa hormat dari pemilik situs dapat membuat metode ini tidak efektif. Metode ini layak dipertimbangkan.

2.Klaim DMCA

Klaim DMCA

Digital Millennium Copyright Act (DMCA), telah lama dikenal sebagai lembaga yang memantau dan menegakkan masalah pelanggaran hak cipta secara online, termasuk menghapus URL dari Google.

Jika Anda mengirimkan bukti yang diperlukan untuk mendukung klaim hak cipta Anda ke situs web DMCA, banding akan disetujui dan konten yang diindeks oleh situs lain akan dihapus secara permanen dari situs web.

Kesimpulan

Mungkin sulit dan mudah untuk menghapus konten yang telah diindeks oleh Google. Google memiliki sistem yang sangat baik untuk menangani semua pengiriman, termasuk melalui halaman Alat Penghapusan URL Google Search Console.

Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk menghapus url.Ini membawa kita ke topik tentang cara menghapus URL dari Google. Bagikan artikel jika Anda menikmatinya.

Semoga bermanfaat.